Senin, 17 November 2014

cara membuat pupuk cair - Aquascape DIY

bermain aquascape sebenarnya dituntut tidak hanya berimajinasi melainkan juga untuk berkreasi. ini adalah beberapa pengalaman saya.. dan berhasil dulu saya berfikir bagaimana mengunakan pupuk yang tanpa susah payah harus beli.. beberapa eksperimen aja.. dan adaperkembangan sih.,. meskipun ngak sama kayak pupuk pabrikan.. setidaknya membantu saat kita sedang terhimpit ekonomi.. kopi.. ya sehari hari kita membuang ampas kopi setelah meminumnya.. ternyata ampasnya juga bisa kita gunakan.. cukup setengah sendok makan atau secoel jeri tangan aja.. 2 hari sekali ya.. ingat jangan terlalu pver dan sesering mungkin.. Ampas kopi, pada dasarnya, memiliki kandungan nutrisi cukup memadai untuk dijadikan pupuk media tanam. Kadar pH kopi yang cukup rendah (cenderung asam), memiliki kelebihan mempercepat proses pengomposan. ampas kopi dan kopi basi dapat dijadikan alternatif untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman. Terutama dalam merubah bentuk fisik daun baru tanaman anthurium melebar dan menarik, penggunaan ampas kopi / kopi basi setelah diencerkan menjadi POC sangatlah ampuh.. Ampas kopi mampu menambah asupan Nitrogen, Fosfor, dan Potassium (NPK) yang dibutuhkan oleh tanaman sehingga tanaman tumbuh dengan sehat. Selain itu, ampas kopi mengandung magnesium, sulfur, dan kalsium yang berguna bagi pertumbuhan tanaman. udah faham kan?? klo belum tanya di komentar aja.. Air cucian beras Air limbah cucian beras merupakan bahan organik yang potensial untuk dikembangkan sebagai pupuk organik. Hasil hasil penelitian pendahuluan menyatakan bahwa penggunaan pupuk air limbah cucian beras dapat menggantikan pemakaian pupuk organik seperti Urea TSP dan KCL pada penanaman tanaman hias. kandungan dalam air cucian beras berguna sebagai penyubur tanaman. Air cucian beras merupakan media alternatif pembawa bakteri Pseudomonas fluorescens. Bakteri tersebut adalah mikroba yang berperan dalam pengendalian petogen penyebab penyakit karat dan memicu pertumbuhan tanaman. Air cucian beras memiliki kandungan nutrisi yang melimpah di antaranya karbohidrat berupa pati sebesar 85-90 persen, protein glutein, selulosa, hemiselulosa, gula, dan vitamin yang tinggi Berdasarkan pengalaman, air cucian beras lebih baik disiramkan ke media tumbuh tanaman (tanah), dan tidak mengenai batang tanaman, karena akan mengakibatkan bercak putih pada batang tanaman yang terkena air cucian beras. untuk aqquascape cukup di tuang atau disemprot aja.. jangan terlalu over.. karna akan berpengaruh pada aquascape kalian.. jika kurang faham komentar aja.. ayam pasti kalian bingung apa maksudnya kan?? hhhhhhhh ok kita lanjutkan.. Komponen Kotoran ayam terdiri dari tingkat tinggi nitrogen, dan tingkat rata-rata fosfor dan kalium. Tergantung pada kesehatan, diet dan umur hewan, tingkat ini dapat bervariasi. KomposBau pupuk kompos ayam tidak sekuat beberapa pupuk. Ketika dicampur dengan kompos lain, kotoran ayam mempertahankan kelembaban di sekitar akar dan menjaga lapisan atas tanah menjadi terlalu panas. OrganikAyam adalah pupuk kandang kompos alami dan bebas dari bahan kimia yang dapat masuk ke tanah. Ini berisi ” baik” bakteri yang memecah bahan organik dan membantu lingkungan. PenyimpananBakteri membantu dan nutrisi dalam pupuk kandang ayam ditingkatkan dengan penuaan, sehingga akan mempertahankan manfaat yang lama setelah bulan penyimpanan kering. AksesibilitasJika Anda atau tetangga Anda tidak memelihara ayam, pupuk bisa dibeli di taman yang paling atau toko pertanian pasokan kotoran ayam mempunyai nilai hara yang tertinggi karena bagian cair tercampur dengan bagian padat. Pupuk kandang kotoran ayam mengandung N tiga kali Iebih banyak dari pupuk kandang lainnya.. caranya.. part 1 kotoran ayam di kumpulin dulu.. :P jangan sambil bayangin yak,, sudah terkumpul lalu dijemur sampai kering,, setelah itu ditumbuk atau di bemburin hinggal halus atau setidaknya ngak halus banget juga ngak papa, nah,, ini ditaburkan di awal set up aquarium kita atau pas baru mulai setting.. ingat jangan terlalu banyak yak.. caranya.. part 2 sama seperti diatas, namun kotoran yang sering itu lalu dibentuk bentuk seperti kapsul.. nah ini jika kita mau membuat pupuk tancep.. lalu tancepin ke pasir nya,, kurang jelas komentar aja dah.. untuk yang lainnya nanti saya lanjutkan.. pegel ngetiknya saya... :D ingat ini ngak seperti pupuk yang dijual jual.. klo mau bagus ya tetep pake pupuk pabrikan aja,, itu saran saya .. sekarang saya juga pake pupuk pabrikan..